Profesi pengetahuan sebagai network administrator - Tecno49 - Welcome
Profesi pengetahuan sebagai network administrator

Profesi pengetahuan sebagai network administrator

Share This

Profesi pengetahuan sebagai network administrator

Untuk menjadi seorang adminitrasi jaringan komputer tidaklah mudah. Anda diharuskan memiliki kualifikasi yang bagus agar bisa menjadi seorang admin yang handal.Karena seorang administrasi jaringan komputer adalah orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan instalasi dan pengelolaan jaringan komputer untuk bisnis atau organisasi. Mereka melacak fungsi jaringan komputer sehari-hari dan memlihara system komunikasi data, jaringan area local dan luas, serta intranet.Seringkali seorang admin menghadapi masalah dan mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Karena itu untuk menjadi seorang administrasi jaringan komputer harus memiliki

1. Basic Hardware Networking, seorang admin harus mengenal berbagai macam hardware serta fungsinya dalam sebuah jaringan. Mis: Switch/hub, Wireless, Acces Point, dll.

2. Basic IP dan Subnetting, adalah hal yang sangat penting karena inti dari jaringan adalah IP dan Subnetting. Seorang admin harus mengetahui bagaimana mengatur penomoran IP yang baik dan efisien sehingga mencegah broadcasting, mengatur gateway, mikrotik, dll.

3. Technology Switching dan Routing, dibutuhkan jika jaringan yang ditangani lebih dari satau, sehingga admin harus bisa melakukan routing terhadap jaringan sehingga user dapat terkoneksi dengan baik. Untuk switching Anda perlu mempelajari Teknologi VLAN

4. Technology Server adalah technology yang banyak berhubungan dengan Server LDAP, DHCP, DNS, Dll…Intinya adalah memberikan service yang dibutuhkan untuk client.

5. Security, Jika sebuah jaringan telah terbentuk dengan baik, seorang admin harus memperhatikan masalah Security mulai dari Server, Router, sampai membuat IDS untuk mendeteksi serangan.

6. Monitoring, mencangkup semua hal baik dari infrastruktur maupun dari sisi Server…Semakin baik monitoring maka tugas admin semakin mudah.

7. Backup, Hal yang sering dilupakan oleh para Network Administrator (termasuk saya…) adalah backup. Seorang admin network yang baik mempunyai jadwal backup sistemnya, baik secara deferensial maupun full backup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages